Supervisi Pembelajaran Guru di SMK N 1 Bojongsari Purbalingga

Peran guru sangat penting dalam proses belajar mengajar, serta dalam memajukan dunia pendidikan. Kualitas siswa dan anak didik dan dunia pendidikan sangat bergantung pada mutu guru. Karena itu, guru harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar nasional pendidikan agar dapat menjalankan tugas dan perannya dengan standar kompetensi yang baik. Evaluasi proses pembelajaran terhadap guru pun sangat penting untuk dapat meningkatkan profesionalitas guru dalam mendidik dan mengajar.

SMK Negeri 1 Bojongsari senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hasil belajar dan lulusan santrinya (siswanya). Berkaitan dengan hal tersebut, Peningkatan kompetensi ini perlu terus dijaga agar kemampuan dan kewenangan guru dalam menjalankan profesi keguruannya dapat terlaksana dengan baik.

Kegiatan pembelajaran di sebuah sekolah tentunya tidak boleh meninggalkan kegiatan supervisi pembelajaran guru. Supervisi pembelajaran  adalah usaha  memberikan layanan kepada guru-guru baik secara individual atau kelompok dalam usaha memperbaiki pengajaran dan kurikulum. Berbicara kualitas satuan pendidikan maka fokus kita pasti mengarah pada bagaimana kualitas proses pembelajaran yang dilakukan para guru. Kompetensi guru menjadi kunci keberhasilan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Berdasarkan hal-hal tersebut maka supervisi sebagai sisi kurikulum. Teknis pelaksanaan supervisi secara individual atau berkelompok. Supervisor dapat mengadakan pertemuan pribadi dengan guru yang disupervisi atau mengadakan rapat guru untuk membahas temuan hasil supervisi yang dilakukan sebagai bentuk pembinaan untuk mendiskusikan masalah yang dihadapi.

Kegiatan supervisi ini juga dilakukan oleh SMK N 1 Bojongsari Purbalingga, sebagai upaya peningkatan kualitas sekolah. Kegiatan supervisi pembelajaran ini juga merupakan tugas Kepala Sekolah. Selain mengatur jalannya sekolah dan dapat bekerjasama dan berhubungan erat dengan masyarakat. Kepala sekolah wajib membangkitkan semangat staf guru-guru dan pegawai sekolah untuk bekerja dengan baik, membangun visi dan misi, kesejahteraan, hubungan dengan guru, tenaga kependidikan dan murid, mengembangkan kurikulum. Melalui supervisi pembelajaran Kepala Sekolah dapat menilai dan memberikan pembinaan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran.

 119 total views,  5 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

PPDB 2023 NANTIKAN
Segera Nantikan pendaftaran siswa siswi baru SMK Negeri 1 Bojongsari Tp 2023/2024
PPDB 2022
Info Kontak
Jangan sungkan hubungi kami atau berkunjung ke sekolah kami
  • Jl. Raya Bojongsari, Dusun 1, Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53362
  • (0281) 6596942
  • (0281) 6596942
  • smknbojongsari@gmail.com
Buka Chat
Butuh bantuan ?
Hallo,
Selamat datang di SMK Negeri 1 Bojongsari,
Ada yang bisa kami bantu ?