Logo
Print this page

Menjadi Guru Online di Tengah Pandemi Featured

nurul mengajar online 1Guru Online, merupakan sebuah sebutan yang cukup viral akhir-akhir ini. Sebutan itu dikhususkan untuk para pendidik yang memperjuangkan hak anak-anak bangsa supaya tetap bisa belajar dari rumah walaupun di tengah pandemi virus Covid-19 ini.

Sejak diberlakukannya kebijakan pemerintah tentang PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), pemerintah semakin gencar mengimbau masyarakat untuk tetap stay at home dan membatasi interaksi sosial guna untuk menghentikan penyebaran virus Covid-19. Tentunya hal tersebut semakin membatasi aktifitas masyarakat termasuk bagi para pelajar jenjang pendidikan SD, SMP, SMA dan juga PAUD.
Dyah Nurul Setyaningrum, salah satu peserta program KKN ALtrnatif  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, mengaku sangat berantusias karena dirinya turut menjadi relawan Covid-19 di bidang pendidikan dalam program KKN ALTERNATIF FKIP UMP.

“Mengajar disaat situasi seperti ini bukanlah sesuatu hal yang mudah, apalagi hanya lewat virtual. Saya jadi merasakan apa yang guru rasakan ketika mengajar melalui sistem daring. Kunci utamanya ya harus memiliki tingkat kesabaran yang tinggi dan tetap fokus ke tujuan pembelajaran” ujar Dyah.

Dyah melaksanakan program KKN Alternatif di SMK N 1 Bojongsari dengan 10 siswa kelas 11 Multimedia sebagai sasaran mitra. Selama pelaksanaan KKN berlangsung, Dyah merasa memiliki tanggung jawab yang cukup besar kepada pihak-pihak yang telah mempercayainya memberikan pendampingan pembelajaran kepada siswa-siswa di SMK N 1 Bojongsari.

Selama sebulan itu, Dyah tidak hanya melakukan pendampingan pembelajaran kepada para siswa. Namun Dyah juga melaksanakan beberapa program kerja yang diharapkannya dapat memberikan perubahan kepada diri siswa tersebut. “Ada program kerja Baca Pojok Karya Sastra yang diharapkan bisa menjadi wadah untuk menamamkan literasi kepada siswa. Di kelas 12 nanti mereka juga akan bertemu dengan materi Menikmati Novel yang berarti mereka akan bertemu dengan bacaan yang lebih tebal. Maka untuk mempersiapkannya sekaligus supaya mereka menerapkan budaya membaca pada dirinya, saya mengadakan program tersebut. Seperti tips membaca dari Najwa Shihab, jika ingin melatih diri supaya memiliki kebiasaan membaca, maka membacalah bacaan yang tidak tebal isinya.” ujar Dyah.

nurul mengajar online 2

Program lain berkaitan dengan penguasaan materi. Dyah menyebutnya dengan nama Kuis Berhadiah. Ya, sebuah kuis berhadiah yang diharapakan dapat membangkitkan semangat siswa sekaligus supaya mereka mengingat materi-materi yang sudah diajarkan karena isi kuis tersebut adalah soal-soal dari materi yang sudah diajarkan. Jika siswa memiliki skor tertinggi dari siswa lain, maka siswa tersebut mendapatkan hadiah berupa kuota internet mengingat salah satu kendala siswa dalam pembelajaran sistem daring adalah biaya internet. Maka sebagai hadiah yang tepat, Dyah memberikan kuota internet supaya dapat digunakan untuk hal-hal yang baik terutama belajar. Pemberian bantuan kuota internet juga dibagikan kepada 3 siswa yang aktif dalam pembelajaran.

Dan program kerja lainnya yaitu pelatihan kreatifitas siswa. Program kerja ini dilaksanakan di akhir bulan KKN, dimana para siswa mencoba membuat salah satu karya sastra yaitu puisi. Lalu program kerja yang terakhir adalah konsultasi. Program kerja ini diharapkan bisa menjadi wadah sebagai teman dan sahabat pendengar setia keluh kesah para siswa.

Hal yang perlu dibanggakan lagi bagi siswa adalah ketika mereka mendapatkan nilai tuntas pada saat PAT (Penilaian Akhir Tahun) mata pelajaran Bahasa Indonesia. “Saya turut bangga atas usaha mereka yang kemarin saat bedah kisi-kisi sangat sangat berusaha supaya mendapatkan nilai diatas rata-rata karena  belajar sampai malam, bahkan ada yang mendapatkan nilai nyaris sempurna” Ujar Dyah. Mengetahui hal tersebut, para siswa mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak FKIP UMP yang menyelenggarakan program KKN Alternatif.

Last modified onRabu, 17 Juni 2020 14:44
Rate this item
(0 votes)
Template Design © Joomla Templates | GavickPro. All rights reserved.