Jadilah Lingkungan Belajar yang Baik

Kebijakan Merdeka Belajar merupakan langkah untuk mentransformasi pendidikan demi terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Indonesia yang memiliki Profil Pelajar Pancasila. Hal ini sangat penting sebagai pondasi dasar yang harus ditanamkan kepada anak-anak,  khususnya satuan Sekolah. Hal Ini untuk melahirkan generasi unggul sesuai dengan profil pelajar pancasila yang digaungkan Kemendikbud Ristek.

SMK Negeri 1 Bojongsari Kabupaten Purbalingga juga berupaya untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila pada peserta didik. Sekolah ini berusaha menjadi tempat belajar yang baik, yang dapat menjadi lingkungan belajar yang asyik. Sekolah meyakini pembelajaran yang baik itu tidak hanya terjadi di ruang tertutup atau ruang kelas semata, namun bisa dilakukan di luar ruangan seperti di taman, di lapangan, saung belajar dan di tempat terbuka lainnya.

Selain itu dalam sekolah anak-anak juga harus diperlakukan dengan cinta dan kasih sayang, memberikan penghargaan dan saling memaafkan, bebas dari tindakan kekerasan dan tidak membeda-bedakan.

Selain peran dari sekolah, Orang tua siswa juga mempunyai peran  yang penting. Dirumah orang tua siswa harus membangun lingkungan yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi tumbuh kembang anak seperti menjaga keharmonisan keluarga, memenuhi kebutuhan anak, melakukan stimulasi atau pendidikan sesuai dengan tahap perkembangan anak dan memberikan perlindungan dari tindakan kekerasan terhadap anak.

Orang tua juga harus membangun komunikasi yang positif terhadap anaknya seperti tidak menyalahkan, tidak meremehkan anak, tidak memerintah, tidak melakukan ceramah, tidak mengomel, tidak memberi label tidak mengejek tidak membandingkan dan tidak menyindir. Membangun karakter profil pelajar Pancasila pada anak di sekolah, dapat dilakukan melalui proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran yang diberikan bisa dilakukan melalui Project Based Learning (PJBL). Perbedaan materi project biassa dengan PJBL adalah, proyek tidak berorientasi pada problem solving, cenderung memberikan tugas yang dikerjakan secara mandiri. Sementara PJBL berorientasi pada problem solving dan tugas kolaboratif, baik antar peserta didik baik dengan anggota keluarga maupun kolaborasi dengan antara mata pelajaran.

Untuk mengimplementasikan Project Based Learning ini tidak bisa dilakukan sendiri, namun juga harus melibatkan semua pihak. Karena PJBL ini tujuannya adalah menciptakan ruang berbagi yang bisa digunakan oleh komunitas sekolah dan komunitas di luar sekolah untuk saling berinteraksi dan belajar merawat lingkungan alam sekitar.

 240 total views,  5 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

PPDB 2022 TERBARU
Segera daftarkan dirimu di SMK Negeri 1 Bojongsari sebelum terlewat tanggal pendaftarannya
DAFTAR
Info Kontak
Jangan sungkan hubungi kami atau berkunjung ke sekolah kami
  • Jl. Raya Bojongsari, Dusun 1, Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53362
  • (0281) 6596942
  • (0281) 6596942
  • smknbojongsari@gmail.com
Buka Chat
Butuh bantuan ?
Hallo,
Selamat datang di SMK Negeri 1 Bojongsari,
Ada yang bisa kami bantu ?