Simpan Data Di Awan (Cloud Computing) Featured

Cloud Computing. Apa sih itu? Hmm, kurang lebih artinya adalah kegiatan komputasi di awan. Atau juga kurang lebih begini, kegiatan komputasi yang tidak melibatkan sumber daya di komputer lokal secara fisik. Jadi proses komputasi dan penyimpanan data dilakukan pada komputer lain atau komputer di tempat lain menggunakan jaringan komputer atau internet.

Salah satu contoh sederhana cloud computing adalah penyimpanan data yang menggunakan remote hard disk atau hard disk yang ada di komputer lain. Kita tidak perlu lagi menyimpan data di flash disk namun file dan data kita simpan pada komputer yang menyediakan fasilitas file sharing. Selanjutnya kita tinggal upload file kita dan kita dapat mengambilnya kembali (download) kapan saja di mana saja tanpa harus membawa media penyimpan data portable seperti flash disk atau hard disk external. File yang telah kita upload pun masih dapat kita bagi ke orang lain. Artinya di-sharing. Prosesnya adalah dengan men-generate link file yang sudah kita upload lalu mengirimkan link tadi ke orang lain, lewat e-mail misalnya. Jadi kita tidak usah colok flash disk untuk membagikan file kita ke orang lain. Terutama file yang berukuran besar. Nah sudah kelihatan kan kalau cloud itu butuh teknologi jaringan komputer terutama internet.

400px-Cloud applications

Contoh beberapa layanan cloud yang menyelenggarakan file sharing adalah Dropbox, BoxNet, Ziddu, 4Shared, RapidShare dan GoogleDrive. Kita akan mendapat beberapa Gb space untuk meletakkan data kita, gratis. Lumayan kan. Masih ada beberapa tipe cloud computing lain, misalnya adalah sistem operasi dan aplikasi cloud, jadi kita tidak perlu install semuanya. Alat atau gadget akan menyala langsung terhubung ke jaringan.. OS dan aplikasinya tidak terinstall di peralatan kita.

Artikel ini tentu saja ada hubungannya dengan kegiatan belajar mengajar siswa di kelas. Guru dapat meng-upload materi pelajarannya ke cloud lalu kemudian siswa dapat men-download-nya. Begitu juga sebaliknya, siswa dapat meng-upload hasil tugas sekolah dari guru, pekerjaan rumah dan project-nya ke cloud sehingga guru dapat menilainya dari mana saja. Akan lebih baik juga siswa mepunyai blog masing-masing sebagai sarana menuangkan kreatifitasnya juga untuk memajang hasil tugasnya.

Last modified onKamis, 13 Juni 2013 20:38
Rate this item
(0 votes)
Reza Pahlevi

Guru pengajar Kompetensi Keahlian Multimedia. Pertama kali mengajar dan merintis jurusan Multimedia di SMK ini sejak 2009.

Website: www.rezapahlevi.net

2 comments

  • Sekar Melita

    program corel draw sangat bermanfaat bagi para siswa multimedia corel draw dapat juga di gunakan untuk membuat undangan, poster, kartu nama, slogan dll. Semoga program-progam multimedia dapat menambah wawasan bagi siswa SMK N 1 BOJONGSARI khususnya untuk jurusan multimedia dan dapat bermaanfaat dalam dunia kerja.
    Terima Kasih

    posted by Sekar Melita Kamis, 23 Mei 2013 15:45 Comment Link
  • Hery Prasetyo ( XI M4 )

    Artikelnya bagus, dengan cloud computing belajar mandiri di rumah jadi mengasyikan, apalagi jika dibuat forum online yang nanti bisa belajar bareng di internet sambil nge - chat dengan siswa yang lain, pasti banyak siswa yang tertarik untuk belajar.
    Nice Article

    posted by Hery Prasetyo ( XI M4 ) Rabu, 22 Mei 2013 18:11 Comment Link

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

AS SEEN ON FACEBOOK

smkbisa

Selamat datang di web site resmi SMK Negeri 1 Bojongsari - Purbalingga. SMK Negeri pertama yang berjurusan Multimedia di Purbalingga dan satu-satunya SMK dengan program keahlian kuliner atau Jasa Boga di Purbalingga.

  1. KOMENTAR
  2. TAG
  3. TOP

Akan segara dibuka kompetensi keahlian baru di SMK Negeri 1 Bojongsari
PERHOTELAN

UPDATE STATUS

AGENDA SEKOLAH

No events

box down Kompilasi materi untuk Latihan Ujian Nasional beserta tryout UN & Ujian Sekolah untuk Kompetensi Keahlian Multimedia sudah dapat didownload.

NETWORKED BLOGS

KARYA SISWA

Karya Siswi Busana Butik SMKN 1 Bojongsari

29-01-2016 Hits:996 Karya Siswa Busana Butik Reza Pahlevi - avatar Reza Pahlevi

Karya Siswi Busana Butik SMKN 1 Bojongsari

Karya siswa dan siswi SMK selama belajar di bangku sekolah akan selalu menjadi kebanggaan para pembuatnya. Karena memang lulusan SMK...

Komik, Goresan Pena Siswa SMK

17-12-2014 Hits:1953 Karya Siswa Multimedia Reza Pahlevi - avatar Reza Pahlevi

Komik, Goresan Pena Siswa SMK

Namanya Hary Adha Prabowo, dari kelas XII M1 SMK Negeri 1 Bojongsari kompetensi keahlian Multimedia. Bidang keahlian yang menonjol adalah...

BROSUR PPDB

SMK Negeri 1 Bojongsari Purbalingga membuka Pedaftaran Peserta Didik Baru untuk tahun pelajaran 2017-2018. Brosur PPDB tahun ini dapat di-download pada gambar di bawah :

Brosur SMKN1Bojongsari 2017 DEPAN CETAK

Brosur SMKN1Bojongsari 2017 DALAM CETAK

Klik kanan lalu Save Image as.. untuk download brosur dalam resolusi sebenarnya.

KONTAK

SMK Negeri 1 Bojongsari
Jl. Raya Bojongsari
Kec. Bojongsari - Desa Bojongsari
Purbalingga - Jawa Tengah 53362
Telp. (0281) 659-6989
E-mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.  

Sign In or Create Account