Multimedia, Salah Satu Bidang TI Atau Bukan? Featured

Dulu waktu saya lulus SMA yang namanya Teknologi Informasi itu masih berkutat pada dunia komputer, lalu ditambah dengan peran telekomunikasi yang menjembatani informasi agar dapat tersebar ke seluruh penjuru dunia. Kemudian maraknya penggunaan internet yang booming pada tahun 1995 sehingga tahun itu disebut-sebut sebagai tahunnya internet. Padahal internet sendiri sudah berdiri sejak tahun 50an. Indonesia pada tahun itu tampak mulai tersadar akan pentingnya manfat internet. Contohnya adalah peluncuran situs harian Republika yang merupakan situs surat kabar pertama di Indonesia. Waktu itu satu persatu mulai muncul penyedia jasa internet (ISP-ISP) yang saya pertama kali lihat iklannya tahun 1994, yaitu ISP Indonet. Read More

Saya yang saat itu sedang hobi-hobinya kutak katik komputer pun ikut arus teknologi informasi. Padahal hobi saya yang lain adalah di bidang design grafis. Pertama kali menggunakan CorelDRAW versi 3 dan Photoshop versi 4, sekitar tahun 1994. Kemudian tertarik pada web development menggunakan HTML, lalu CMS dengan menggunakan PostNuke, CSS. Lanjut lagi dengan mencoba kutak-katik Flash, sistem operasi Unix dan sampai akhirnya saya vakum dulu karena menyelesaikan skripsi. Setelah bekerja sebagai marketing kemudian saya pindah jalur menjadi designer grafis. Hobi lama muncul kembali, yaitu mendalami web development. Joomla! dan WordPress menjadi pilihan saya.

Tahun 1994-1995 sebenarnya mulai marak dengan istilah multimedia. Artinya kira-kira begini, dalam satu kegiatan transfer/penyampaian informasi dari satu manusia ke manusia yang lain tidak melulu berbasiskan teks, seperti buku atau koran. Media tradisional akan mulai ditinggalkan. Berganti dengan menggunakan teknologi grafis, audio, video sebagai penunjang. Coba kita lihat di sekeliling kita, anak-anak sekarang lebih cepat menyerap informasi yang berbentuk gambar bergerak dan suara dibandingkan dengan membaca buku yang bersifat statis. Begitu juga dengan media informasi. Multimedia secara masif dan liar mengeksplorasi teknologi yang ada baik itu teks, gambar, film, animasi, suara, animasi dengan interaktifitas yang tak terbatas.

Peran Dunia TI

Ujung-ujungnya, pemanfaatan komputer atau teknologi informasi pun tidak terelakan. Hari gini mana ada sih konten-konten teks, gambar, suara, film, animasi bahkan sampai interaksi antara pengguna informasi dan penyedia informasi yang dibuat tanpa menggunakan komputer? Semuanya melibatkan komputer, dan pasti ada teknologi yang mendukung semua itu yaitu teknologi informasi/TI.
Contohnya, membuat susunan teks sehingga tertata dengan baik bukan hanya persoalan sense dan artistik saja, persoalan teknologi di belakang layar sangat berperan penting. Bagaimana teks itu dapat berkolaborasi dengan gambar, baik itu gambar statis ataupun gambar bergerak. Bila terdapat gambar dan suara, bagaimana caranya bila kita dapat berinteraksi dengan media informasi yang kita sedang gunakan. Lalu bagaimana kita dapat terhubung dengan orang lain untuk mencari dan mendapatkan informasi juga berbagi informasi. Semua itu terlaksana dengan infrastruktur TI di belakangnya.

Contoh lain, sebuah CD interaktif atau suatu halaman web yang dirancang dan didesign oleh designer grafis kawakan sekalipun pasti akan menggunakan jasa programmer yang membuat interaktifitas antara program, konten dan user menjadi mungkin. Animasi Flash sekalipun menggunakan skrip yang tidak jauh berbeda dengan bahasa program. Begitu juga sebaliknya pada bidang web development. Bila dulu tampilan di internet di dominasi teks lalu lahir teknologi web. Itu pun dengan tag HTML berformat dan layout yang sederhana baik gambar, typografi dan warna karena belum ada CSS. Sekarang dunia web malah dimasuki oleh designer grafis yang merambah ke dunia digital. Paduan warna, gambar, typografi, suara dan gambar bergerak sekarang sudah biasa ditemukan dalam sebuah tampialn web.

Akhirnya semua yang berbau multimedia tidak jauh dari peran Teknologi Informasi. Bahkan sekarang dunia pendidikan di Indonesia memasukkan program Multimedia bersama Teknik Komputer & Jaringan (TKJ) ke dalam ranah jurusan berbasikan TIK/ICT (Teknologi Informasi & Komunikasi). Kelak nanti lulusan SMK dari jurusan ini dapat menjadi pekerja dari industri kreatif.

Sasaran Profesi Lulusan Multimedia

Para lulusan SMK jurusan Multimedia nantinya bekerja dalam bidang TI yang berbau artisitik atau seni. Jika profesi lulusan SMK lain yang masih satu ranah TIK berbau teknis atau cenderung berada di posisi back-end maka lulusan program keahlian Multimedia akan berada pada garis depan atau front-end. Karena mereka bertanggung jawab atas tampilan atau bagaimana suatu konten itu ditampilkan.

Berikut ini profesi yang cocok bagi lulusan SMK Multimedia:

  • Designer Grafis
  • Designer Produk
  • Web Designer
  • Illustrator
  • Animator
  • 3D Modeller
  • Fotografer / kameramen
  • Sutradara / script writer
Rate this item
(0 votes)
Reza Pahlevi

Guru pengajar Kompetensi Keahlian Multimedia. Pertama kali mengajar dan merintis jurusan Multimedia di SMK ini sejak 2009.

Website: www.rezapahlevi.net

7 comments

  • GALANG BAGAS X I Multimedia 4

    memang benar multimedia sangat termasuk dalam bidang TI karena pendidikan multimedia sangat berhubungan sekali dengan komputer, apalagi semua pembelajaranya sangat berhubungan dengan teknologi masa kini.

    SMK BISAAAAA

    posted by GALANG BAGAS X I Multimedia 4 Rabu, 19 Juni 2013 17:38 Comment Link
  • panji yulianto

    smk bojongsari sudah cukup bagus ...

    tapi alangkah baiknya pintu gerbangnya di pindah karna bersebelahan dengan pabrik mie

    mungkin bila di pindah agax ke utara sedikit
    akan lebih baik ....

    maju terus smk bojongsari

    narkoba no
    prestasi yess

    posted by panji yulianto Kamis, 23 Mei 2013 19:26 Comment Link
  • Rizky Andi Nur.C

    saran saya untuk sekolah : Lab Komputernya harus secepatnya di gedung baruu,,, (menghemat biaya, dan waktu)
    Terimakasih.

    posted by Rizky Andi Nur.C Kamis, 23 Mei 2013 19:16 Comment Link
  • Ayu Eka Yuliani

    benar sekali, karena multimedia selalu berhubungan dengan komputer dan kamera, dan multimedia merupakan pendidikan yang paling diminati untuk sekarang ini :)

    posted by Ayu Eka Yuliani Rabu, 22 Mei 2013 17:46 Comment Link
  • Hery Prasetyo ( XI M4 )

    Setuju, Multimedia termasuk dalam bidang TI karena dalam pengerjaan design grafis sekarang sudah lengket banget sama yang namanya teknologi komputer, baik pembuatan produk yang menghasilkan dalam bentuk real ( banner, brosur, CD interkatif dll ) dan juga produk yang tidak berwujud tetapi dinikmati secara tidak langsung.
    Saran : Sebaiknya SMK Negeri 1 Bojongsari khususnya jurusan Multimedia lebih menambah porsi pembelajaran tentang Komputerisasi tidak hanya teori saja.
    Terimakasih artikel yang bagus.

    posted by Hery Prasetyo ( XI M4 ) Rabu, 22 Mei 2013 17:21 Comment Link
  • Aprianto XI MULTIMEDIA 4

    Memang benar multimedian termasuk dalam bidang TI karena banyak menggunakan komputer dalam pengerjaannya dan juga dalam TI multimedia juga sering digunakan baik dalam pembuatannya maupun dalam proses penyampaiannya.
    saran saya untuk sekolah : lebih banyak lagi memuat artikel tentang pembahasan terkait jurusan multimedia lebih meluas.
    Terima kasih sudah mau membaca komentar saya.

    posted by Aprianto XI MULTIMEDIA 4 Rabu, 22 Mei 2013 14:17 Comment Link
  • Aprianto XI MULTIMEDIA 4

    Memang benar multimedian termasuk dalam bidang TI karena banyak menggunakan komputer dalam pengerjaannya dan juga dalam TI multimedia juga sering digunakan baik dalam pembuatannya maupun dalam proses penyampaiannya.
    saran saya untuk sekolah : lebih banyak lagi memuat artikel tentang pembahasan terkait jurusan multimedia lebih meluas.
    Terima kasih sudah mau membaca komentar saya.

    posted by Aprianto XI MULTIMEDIA 4 Rabu, 22 Mei 2013 14:16 Comment Link

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

AS SEEN ON FACEBOOK

smkbisa

Selamat datang di web site resmi SMK Negeri 1 Bojongsari - Purbalingga. SMK Negeri pertama yang berjurusan Multimedia di Purbalingga dan satu-satunya SMK dengan kompetensi keahlian kuliner atau Tata Boga di Purbalingga serta Perhotelan.

  1. KOMENTAR
  2. TAG
  3. TOP

Telah dibuka kompetensi keahlian PERHOTELAN di SMK Negeri 1 Bojongsari

UPDATE STATUS

AGENDA SEKOLAH

No events

box down Kompilasi materi untuk Latihan Ujian Nasional beserta tryout UN & Ujian Sekolah untuk Kompetensi Keahlian Multimedia sudah dapat didownload.

KARYA SISWA

Karya Siswi Busana Butik SMKN 1 Bojongsari

29-01-2016 Hits:1530 Karya Siswa Busana Butik Reza Pahlevi - avatar Reza Pahlevi

Karya Siswi Busana Butik SMKN 1 Bojongsari

Karya siswa dan siswi SMK selama belajar di bangku sekolah akan selalu menjadi kebanggaan para pembuatnya. Karena memang lulusan SMK...

Komik, Goresan Pena Siswa SMK

17-12-2014 Hits:2456 Karya Siswa Multimedia Reza Pahlevi - avatar Reza Pahlevi

Komik, Goresan Pena Siswa SMK

Namanya Hary Adha Prabowo, dari kelas XII M1 SMK Negeri 1 Bojongsari kompetensi keahlian Multimedia. Bidang keahlian yang menonjol adalah...

BROSUR PPDB

SMK Negeri 1 Bojongsari Purbalingga membuka Pedaftaran Peserta Didik Baru untuk tahun pelajaran 2018-2019. Brosur PPDB tahun ini dapat di-download pada gambar di bawah :

Poster A3 PPDB 2018 TOP HEADER

Klik kanan lalu Save Image as.. untuk download brosur dalam resolusi sebenarnya.

KONTAK

SMK Negeri 1 Bojongsari
Jl. Raya Bojongsari
Kec. Bojongsari - Desa Bojongsari
Purbalingga - Jawa Tengah 53362
Telp. (0281) 659-6942
E-mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.  

Sign In or Create Account