Multimedia Pembelajaran Interaktif Featured

A. Pengertian Multimedia Pembelajaran

multimediapembelajaranMultimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video dan animasi secara terintegrasi. Multimedia terbagi menjadi dua kategori, yaitu: multimedia linier dan multimedia interaktif.

Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh penguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya: TV dan film.

Multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah: multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game, dll.

Sedangkan pembelajaran diartikan sebagai proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Jadi dalam pembelajaran yang utama adalah bagaimana siswa belajar. Belajar dalam pengertian aktifitas mental siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan perilaku yangbersifat relatif konstan. Dengan demikian aspek yang menjadi penting dalam aktifitas belajar adalah lingkungan. Bagaimana lingkungan ini diciptakan dengan menata unsur-unsurnya sehingga dapat mengubah perilaku siswa. Dari uraian di atas, apabila kedua konsep tersebut kita gabungkan maka multimedia pembelajaran dapat diartikan sebagai aplikasi multimedia yang dignakan dalam proses pembelajaran, dengan kata lain untuk menyalurkan pesan (pengetahuan, keterampilan dan sikap) serta dapat merangsang piliran, perasaan, perhatian dan kemauan yang belajar sehingga secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan dan terkendali.


B. Manfaat Multimedia Pembelajaran

Secara umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan dan prises belajar mengajar dapat dilakukan di mana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.

Manfaat di atas akan diperoleh mengingat terdapat keunggulan dari sebuah multimedia pembelajaran, yaitu:

1. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron dll.

2. Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan ke sekolah, seperti gajah, rumah, gunung, dll.

3. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dll.

4. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju, dll.

5. Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun, dll.

6. Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.

C. Karakteristik Media dalam Multimedia Pembelajaran

Sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran, pemilihan dan penggunaan multimedia pembelajaran harus memperhatikan karakteristik komponen lain, seperti: tujuan, materi, strategi dan juga evaluasi pembelajaran.

Karakteristik multimedia pembelajaran adalah:

  1. Memiliki lebih dari satu media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur audio dan visual.
  2. Bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna.
  3. Bersifat mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan oran lain.


Selain memenuhi ketiga karakteristik tersebut, multimedia pembelajaran sebaiknya memenuhi fungsi sebagai berikut:

  1. Mampu memperkuat respon pengguna secepatnya dan sesering mungkin.
  2. Mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri.
  3. Memperhatikan bahwa siswa mengikuti suatu urutan yang koheren dan terkendalikan.
  4. Mampu memberikan kesempatan adanya partisipasi dari pengguna dalam bentuk respon, baik berupa jawaban, pemilihan, keputusan, percobaan dan lain-lain.


D. Format Multimedia Pembelajaran

Format sajian multimedia pembelajaran dapat dikategorikan ke dalam lima kelompok sebagai berikut:

1. Tutorial

Format sajian ini merupakan multimedia pembelajaran yang dalam penyampaian materinya dilakukan secara tutorial, sebagaimana layaknya tutorial yang dilakukan oleh guru atau instruktur. Informasi yang berisi suatu konsep disajikan dengan teks, gambar, baik diam atau bergerak dan grafik. Pada saat yang tepat, yaitu ketika dianggap bahwa pengguna telah membaca, menginterpretasikan dan menyerap konsep itu, diajukan serangkaian pertanyaan atau tugas. Jika jawaban atau respon pengguna benar, kemudian dilanjutkan dengan materi berikutnya. Jika jawaban atau respon pengguna salah, maka pengguna harus mengulang memahami konsep tersebut secara keseluruhan ataupun pada bagian-bagian tertentu saja (remedial). Kemudian pada bahagian akhir biasanya akan diberikan serangkaian pertanyaaan yang merupakan tes untuk mengukur tingkat pemahamn pengguna atas konsep atau materi yang disampaikan.

2. Drill dan Practise

Format ini dimaksudkan untuk melatih pegguna sehingga memiliki kemahiran dalam suatu keterampilan atau memperkuat penguasaan sutu konsep. Program menyediakan serangkaian soal atau pertanyaan yang biasanya ditampilkan secara acak, sehingga setiap kali digunakan makan soal atau pertanyaan yang tampil selalu berbeda, atau paling tidak dalam kombinasi yang berbeda.

Program ini dilengkapi dengan jawaban yang benar, lengkap dengan penjelasannya sehingga diharapkan pengguna akan bisa pula memahami suatu konsep tertentu. Pada bahagian akhir, pengguna bisa melihat skor akhir yang dia capai, sebagai indikator untuk mengukur tingkat keberhasilan dalam memecahkan soal-soal yang diajukan.

3. Simulasi

Multimedia pembelajaran dengan format ini mencoba menyamai proses dinamis yang terjadi di dunia nyata, misalnya untuk mensimulasikan pesawat terbang, di mana pengguna seolah-olah melakukan aktifitas menerbangkan pesawat terbang, menjalankan usaha kecil, atau pengendalian pembangkit listrik tenaga nuklir dan lain-lain. Pada dasarnya format ini mencoba memberikan pengalaman masalah dunia nyata yang biasanya berhubungan dengan suatu resiko, seperti pesawat yang akan jatuh atau menabrak, peusahaan akan bangkrut, atau terjadi malapetaka nuklir.

4. Percobaan atau Eksperimen

Format ini mirip dengan format simulasi, namjun lebih ditujukan pada kegiatan-kegiatan yang bersifat eksperimen, seperti kegiatan praktikum di laboratorium IPA, biologi atau kimia. Program menyediakan serangkaian peralatan dan bahan, kemudian pengguna bisa melakukan percobaan atau eksperimen sesuai petunjuk dan kemudian mengembangkan eksperimen- eksperimen lain berdasarkan petunjuk tersebut. dapat menjelaskan suatu konsep atau fenomena tertentu berdasarkan eksperimen yang mereka lakukan secara maya tersebut.

5. Permaianan

Tentu saja bentuk permaianan yang disajikan di sini tetap mengacu pada proses pembelajaran dan dengan program multimedia berforat ini diharapkan terjadi aktifitas belajar sambil bermain. Dengan demikian pengguna tidak merasa bahwa mereka sesungguhnya sedang belajar.

Last modified onSabtu, 01 Desember 2012 21:13
Rate this item
(0 votes)
Reza Pahlevi

Guru pengajar Kompetensi Keahlian Multimedia. Pertama kali mengajar dan merintis jurusan Multimedia di SMK ini sejak 2009.

Website: www.rezapahlevi.net

24 comments

  • Timothy Abraham Yoseph L

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai multimedia pembelajaran interaktifSaya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai sistem multimedia yang bisa anda kunjungi di Sistem Multimedia

    posted by Timothy Abraham Yoseph L Jumat, 05 Juni 2015 13:47 Comment Link
  • Timothy Abraham Yoseph L

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai sistem multimedia yang bisa anda kunjungi di Sistem Multimedia

    posted by Timothy Abraham Yoseph L Jumat, 05 Juni 2015 13:44 Comment Link
  • Bayatmi Resti Andhini

    Aku suka pembelajaran Multimedia Interaktif.......
    Aku akan belajar dengan sungguh-sungguh,,, bantu saya ya pak....!!!
    supaya saya bisa menyalurkan ilmu yang saya dapat melalui pembelajaran multimedia interaktif.....!!

    posted by Bayatmi Resti Andhini Minggu, 18 Agustus 2013 12:41 Comment Link
  • GALANG BAGAS X I Multimedia 4

    menurut saya pembelajaran interaktif cukup bagus, bagi para pelajar kususnya siswa Smk N 1 bojongsari.

    posted by GALANG BAGAS X I Multimedia 4 Rabu, 19 Juni 2013 17:45 Comment Link
  • Nely Pratiwi XI M4

    seharusnya pembelajaran interaktif,lebih di terapkan sehingga,siswa yang kurang interaktif dapat mengerti dan memahaminya.

    posted by Nely Pratiwi XI M4 Jumat, 24 Mei 2013 10:41 Comment Link
  • Muslih multimedia 4

    bagi saya pembelajaran multimedia interktif sangat bagus .cuman alangkah lebih baiknya jika jam praktik multimedia & fasisilitasnya juga ditambah ....
    Dan waktu pembelejaran kosong lebih bagus di'isi dengan tugas....

    posted by Muslih multimedia 4 Jumat, 24 Mei 2013 09:45 Comment Link
  • Sidik fatoni

    media pembelajran interaktif sangat membantu siswa yang ingin mengetahui bagaimana cara pembuatan sesuatu tentang aplikasi seperti corel draw atau yang lain nya,karna media interaktif sangat bermanfaat bagi murid yg ilmunya kurang

    posted by Sidik fatoni Jumat, 24 Mei 2013 09:34 Comment Link
  • Sidik fatoni

    media pembelajran interaktif sangat membantu siswa yang ingin mengetahui bagaimana cara pembuatan sesuatu tentang aplikasi seperti corel draw atau yang lain nya,karna media interaktif sangat bermanfaat bagi murid yg ilmunya kurang

    posted by Sidik fatoni Jumat, 24 Mei 2013 09:33 Comment Link
  • Inayah Purbandari

    menurut saya pembelajara interaktif cukup bagus, namun alangkah baiknya jika memperbanyak praktek dan mata pelajaran produktif multimedia ditambah jamnya,

    posted by Inayah Purbandari Jumat, 24 Mei 2013 04:54 Comment Link
  • burhan wirayuda XI multimedia 4

    menurut saya pembelajaran multimedia interaktif sangat bagus jika fasilitasnya mendukung serta diampuh guru yang profesional,namun alangkah baiknya jam pelajaran untuk mata pelajaran multimedia sendiri dilakukan lebih itensif dengan cara memperpanjang jam pelajaran tersebut.

    posted by burhan wirayuda XI multimedia 4 Kamis, 23 Mei 2013 22:24 Comment Link

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

AS SEEN ON FACEBOOK

smkbisa

Selamat datang di web site resmi SMK Negeri 1 Bojongsari - Purbalingga. SMK Negeri pertama yang berjurusan Multimedia di Purbalingga dan satu-satunya SMK dengan kompetensi keahlian kuliner atau Tata Boga di Purbalingga serta Perhotelan.

  1. KOMENTAR
  2. TAG
  3. TOP

Telah dibuka kompetensi keahlian PERHOTELAN di SMK Negeri 1 Bojongsari

UPDATE STATUS

AGENDA SEKOLAH

No events

box down Kompilasi materi untuk Latihan Ujian Nasional beserta tryout UN & Ujian Sekolah untuk Kompetensi Keahlian Multimedia sudah dapat didownload.

KARYA SISWA

Karya Siswi Busana Butik SMKN 1 Bojongsari

29-01-2016 Hits:1530 Karya Siswa Busana Butik Reza Pahlevi - avatar Reza Pahlevi

Karya Siswi Busana Butik SMKN 1 Bojongsari

Karya siswa dan siswi SMK selama belajar di bangku sekolah akan selalu menjadi kebanggaan para pembuatnya. Karena memang lulusan SMK...

Komik, Goresan Pena Siswa SMK

17-12-2014 Hits:2456 Karya Siswa Multimedia Reza Pahlevi - avatar Reza Pahlevi

Komik, Goresan Pena Siswa SMK

Namanya Hary Adha Prabowo, dari kelas XII M1 SMK Negeri 1 Bojongsari kompetensi keahlian Multimedia. Bidang keahlian yang menonjol adalah...

BROSUR PPDB

SMK Negeri 1 Bojongsari Purbalingga membuka Pedaftaran Peserta Didik Baru untuk tahun pelajaran 2018-2019. Brosur PPDB tahun ini dapat di-download pada gambar di bawah :

Poster A3 PPDB 2018 TOP HEADER

Klik kanan lalu Save Image as.. untuk download brosur dalam resolusi sebenarnya.

KONTAK

SMK Negeri 1 Bojongsari
Jl. Raya Bojongsari
Kec. Bojongsari - Desa Bojongsari
Purbalingga - Jawa Tengah 53362
Telp. (0281) 659-6942
E-mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.  

Sign In or Create Account