Ekstra Kurikuler

Ekstra Kurikuler

Ekstra Kurikuler SMK Negeri 1 Bojongsari Purbalingga terdiri dari :

  • Pramuka
  • PMR
  • Pencinta Alam
  • Volley
  • Paskibra
  • Patroli Keamanan Sekolah
  • Modelling
  • Seni Tari
  • English Club
  • Sinematografi
  • Fotografi

Paskibra Di Upacara 17 Agustus

Lagi dan lagi, SMK Negeri 1 Bojongsari didaulat pada acara memperingati HUT Proklamasi Republik Indonesia 17 Agustus 2014 oleh pihak kecamatan Bojongsari sebagai Pasukan Pengibar Bendera atau Paskibra. Tahun ini ekskul Paskibra di SMK Negeri 1 Bojongsari dipimpin oleh bu Tyar. Segalanya Alhamdulillah berjalan lancar.
Yuk kita lihat foto-fotonya..

paskibra-smkn1bojongsari-purbalingga-1

paskibra-smkn1bojongsari-purbalingga-2

paskibra-smkn1bojongsari-purbalingga-3

paskibra-smkn1bojongsari-purbalingga-4

paskibra-smkn1bojongsari-purbalingga-5

paskibra-smkn1bojongsari-purbalingga-6

Read more...

Kelas Fotografi di SMK

motografi-LORES

Daya tarik sebuah sekolah bukan hanya terletak pada prestasinya saja. Kenapa, karena belakangan ini saya perhatikan sedang ada trend di sekitar tempat saya tinggal bahwa ada beberapa sekolah, umumnya sekolah menengah atas yang mulai ditinggalkan oleh para pendaftar dari SMP ketika musim tahun ajaran baru tiba. Atau disebut juga ketika saat-saat PPDB/PSB (Penerimaan Peserta Didik Baru).

Temuan yang saya dapat (walau tidak banyak) ialah mereka calon peserta didik baru melihat sebuah sekolah yang mereka minati ada beberapa pertimbangan, yaitu :
1. Kualitas Pendidikan pada sekolah tersebut (misal, mutu guru yang mengajar juga output lulusannya)
2. Sarana prasarana di sekolah yang dituju
3. Kemudahan transportasi
4. Biaya
5. Prospek lulusan (biasanya SMK)
6. Ekskul atau ekstra kurikuler

Khusus yang terakhir memang saya amati dari mereka yang mendaftar biasanya hal ini ditanyakan. Bisa jadi memang siswa yang bersangkutan termasuk siswa yang aktif di setiap kegiatan. Oleh karena itu, sebagai salah satu trik yang pernah saya gunakan adalah mengusulkan adanya ekskul-ekskul unik yang bisa menjadi daya tarik para pendaftar.

Pada artikel sebelumnya saya pernah menulis tentang kegiatan ekstra kurikuler Sinematografi di sekolah tempat saya mengajar. Alhamdulillah bisa terealisasi walau saya tidak ditunjuk sebagai pembina ekskul ini tapi saya puas. Karena sebuah ekskul yang saya inginkan ada akhirnya bisa eksis. Peminatnya lumayan banyak, ada sekitar 40 orang lebih. Walau saya tidak membina secara langsung tapi saya masih bisa memonitor kegiatannya.

Nah, ternyata masih ada siswa lain yang tertarik dengan kegiatan serupa tapi tidak sama. Namanya Fotografi. Dengan jumlah peminat yang sangat banyak, ada sekitar 30 orang (peserta awal hanya 16 orang) maka kegiatan Fotografi ini bisa berjalan.

Mengandalkan alat-alat yang ada di kompetensi keahlian Multimedia seperti kamera DSLR dan pocket Alhamdulillah kegiatan ini bisa berlangsung. Terlihat dari antusias para calon peserta yang ingin sekali ikut dan diadakannya kegiatan belajar Fotografi ini di luar jam KBM Multimedia reguler.

Sekarang, walau terlihat aneh.. Fotografi koq cuma pakai kamera pocket dan kamera hp. Saya sih masa bodoh. Yang penting siswa ada kegiatan di luar jam KBM dan bisa belajar walau dengan alat yang terbatas. Pemakaian kamera DSLR yang hanya beberapa unit bisa bergantian.

Prinsip saya, Lebih baik memulai dengan yang sudah ada karena kalau menunggu yang seharusnya ada kapan mau majunya. Saya mengharapkan nanti siswa-siswi saya bisa menerapkan ilmu di luar kelas ini untuk bekal survive di dunia masyarakat.

Read more...

Ekskul Sinematografi

3 shot

Sinematografi adalah salah satu peminatan kegiatan yang lumayan banyak pesertanya di SMK Negeri 1 Bojongsari. Setelah selama ini saya bergerak secara underground bersama para siswa dan siswi kelas XII, akhirnya pihak sekolah mau mengadakan dan meresmikan salah satu ekstra kurikuler Sinematografi di sekolah saya. Sebelum diresmikan biasanya saya merekrut siswa dan siswa satu kelas terlebih dahulu untuk dibuat menjadi beberapa tim kecil. Tim ini yang nantinya akan memproduksi film-film pendek karya mereka.

Sekarang setelah resmi di-launching ekskul Sinematografi di SMK Purbalingga ini, maka diharapkan ke depannya akan lahir karya-karya sinema dari SMKN 1 Bojongsari yang kreatif dan mandiri. Untuk sementara ini memang materi kami ambil dari beberapa literatur di internet dan hasil dari workshop film pendek yang pernah saya ikuti dari para praktisi film provinsi Jawa Tengah lalu ditularkan kembali ke para peserta ekskul Sinematografi ini. Kami akan intensifkan produksi film pendek (memang itu salah satu misi kami) walau tidak sedang diikutkan ke dalam lomba film antar sekolah, remaja dan sebagainya. Jadi, ada atau tidak ada film saya tekankan kepada para peserta ekskul Sinematografi ini untuk terus berkarya.

Hmm, nama ya? Sepertinya belum dulu deh. Sebaiknya saya fokus ke karya dulu, urusan nama ekskul belakangan aja. Saya sendiri juga masih menclok sana-sini karena ada salah satu ekskul lagi yang siswa harapkan ada, yaitu Fotografi. Ekskul yang terakhir ini baru 13 orang peminat dengan hanya satu orang yang punya kamera. Kebetulan para peminatnya meminta saya sebagai pembina ekskul Fotografi ini. Ya kita lihat saja nanti. Yang jelas saya tidak mau muluk-muluk terhadap dua kegiatan ini. Yang penting minat siswa dapat tersalurkan dan mereka mampu berkarya tidak hanya di akademis tapi juga berprestasi dan berkarya di non-akademis. Dah, 'gitu aja.

Artikel lain yang terkait : Film Pendek SMK.

Read more...
Subscribe to this RSS feed

AS SEEN ON FACEBOOK

smkbisa

Selamat datang di web site resmi SMK Negeri 1 Bojongsari - Purbalingga. SMK Negeri pertama yang berjurusan Multimedia di Purbalingga dan satu-satunya SMK dengan program keahlian kuliner atau Jasa Boga di Purbalingga.

  1. KOMENTAR
  2. TAG
  3. TOP

Akan segara dibuka kompetensi keahlian baru di SMK Negeri 1 Bojongsari
PERHOTELAN

UPDATE STATUS

AGENDA SEKOLAH

No events

box down Kompilasi materi untuk Latihan Ujian Nasional beserta tryout UN & Ujian Sekolah untuk Kompetensi Keahlian Multimedia sudah dapat didownload.

NETWORKED BLOGS

KARYA SISWA

Karya Siswi Busana Butik SMKN 1 Bojongsari

29-01-2016 Hits:747 Karya Siswa Busana Butik Reza Pahlevi - avatar Reza Pahlevi

Karya Siswi Busana Butik SMKN 1 Bojongsari

Karya siswa dan siswi SMK selama belajar di bangku sekolah akan selalu menjadi kebanggaan para pembuatnya. Karena memang lulusan SMK...

Komik, Goresan Pena Siswa SMK

17-12-2014 Hits:1692 Karya Siswa Multimedia Reza Pahlevi - avatar Reza Pahlevi

Komik, Goresan Pena Siswa SMK

Namanya Hary Adha Prabowo, dari kelas XII M1 SMK Negeri 1 Bojongsari kompetensi keahlian Multimedia. Bidang keahlian yang menonjol adalah...

BROSUR PPDB

SMK Negeri 1 Bojongsari Purbalingga membuka Pedaftaran Peserta Didik Baru untuk tahun pelajaran 2017-2018. Brosur PPDB tahun ini dapat di-download pada gambar di bawah :

Brosur SMKN1Bojongsari 2017 DEPAN CETAK

Brosur SMKN1Bojongsari 2017 DALAM CETAK

Klik kanan lalu Save Image as.. untuk download brosur dalam resolusi sebenarnya.

KONTAK

SMK Negeri 1 Bojongsari
Jl. Raya Bojongsari
Kec. Bojongsari - Desa Bojongsari
Purbalingga - Jawa Tengah 53362
Telp. (0281) 659-6989
E-mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.  

Sign In or Create Account